WELLCOME TO MY TUTORIAL KAPTEN404 Evolusi OS Android Dari Masa Ke Masa ( Android 1.0 - Android 8.0 ) ~ KAPTEN404

Evolusi OS Android Dari Masa Ke Masa ( Android 1.0 - Android 8.0 )

Di jaman yang modern ini, dan diiringi oleh perkembangan teknologi, siapa sih yang tidak kenal dengan Android ? Para proggammer kini saling berlomba lomba untuk membuat sebuah inovasi baru operating system yang nantinya akan dipasang di android. Namun kita sebagai user/pengguna perlu tau mengenai sejarah perkembangannya, jangan sampai kita sebagai pengguna android justru malah tidak mengetahui sejarah perkembangannya sama sekali. Baca juga : Evolusi microsoft windows dari masa ke masa
Hal ini sangat penting, kenapa sangat penting ? karena dengan mengetahui sejarah perkembangnya, wawasan kita akan bertambah luas, dan kita sebagai pengguna akan lebih menghargai setiap karya yang dibuat oleh para proggammer diluar sana, dan kita bisa menggunakan android secara bijak, jadi bukan hanya memberikan kritik yang pedas bila ditemukannya suatu bug pada sistem operasi tersebut, namun kita juga jadi bisa belajar, bagaimana cara memperbaiki suatu bug tersebut, karena kalian harus tau, para progammer membuat sistem operasi tidaklah mudah, butuh konsentrasi tingkat tinggi, agar suatu karya nya dinilai positif oleh para pengguna.

Jika anda adalah salah satu dari jutaan orang yang menggunakan android, kalian harus baca artikel ini, karena artikel ini akan membahas tuntas mengenai perkembangan sistem operasi (OS) pada android dari masa ke masa, dari Versi Android 1.0 Sampai Versi Android 8.0. Berikut adalah ulasannya :

Android 1.0 (Alpha)
Sistem operasi ini dikembangkan oleh google pada tahun 2008, yang merupakan awal dari peradaban android di kalangan masyarakat, memiliki tampilan yang sangat sederhana. Perlu anda ketahui android 1.0 merupakan awal mula fitur pull down notification yang memungkinkan kita melihat sebuah notifikasi yang masuk di status baru, bahkan google play store pun sudah muncul, sebagai aplikasi bawaan, namun masih dalam bertajuk market. Baca juga : Cara menghilangkan virus berupa iklan di android

Android 1.5 (Cupcake)
Sistem operasi ini dirilis oleh google pada tahun 2009, dalam sistem operasi ini google mengenalkan suatu fitur terbaru yang dinamakan SDK Widget, yang dapat memungkinkan anda untuk memasang widget pihak ketiga, layaknya aplikasi bawaan lainnya. Pada versi android ini google telah memperkenalkan suatu kemampuan baru, yakni kita dapat merekam sebuah video, dengan kamera ponsel, serta google juga telah mengembangkan suatu kemampuan keyboard layar sentuh.

Android 1.6 (Donut)


Di tahun yang sama, google kembali merilis sebuah sistem operasi terbaru android yang diberi nama "Donut", google juga mengumumkan bahwa android dapat digunakan untuk perang mobile ukuran layar berapa saja, jadi google telah hadirkan suatu sistem operasi yang fleksibel, selain itu di dalam sistem operasi ini (OS), google juga telah menambahkan kolom pencarian, yang bisa digunakan untuk mencari apa saja, seperti informasi dari internet, nama kontak, ataupun nama file. Tentu hal ini dapat memudahkan kita untuk mencari sesuatu.

Android 2.0 (Eclair)
Masih ditahun yang sama, google lagi lagi meluncurkan sebuah sistem operasi (OS), di dalam sistem operasi ini, google telah mengembangkan sebuah fitur navigasi, jadi kita bisa menjelajahi alamat alamat yang ingin kita cari melalui sebuah aplikasi yang dinamakan google maps, tent dengan adanya google maps, ini adalah tanda awal munculnya GPS dikalangan android, selain itu juga versi android ini sudah mendunkung HTML5 pada peramban (Browser) yang dapat memungkinkan anda untuk memutar suatu video, tak lupa juga googel untuk memberikan fitur tambahan seperti Lock Screen, yang kita bisa buka dengan cara Swipe.

Android 2.2 (Froyo)
Frozen yogurt atau yang lebih dikenal sebagai froyo merupakan nama dari android 2.2. Dimana Sistem operasi (OS) ini telah menambahkan fitur kemanan, lock screen yang sebelumnya cuma dibuka dengan swipe, kini google hadirkan sebuah lock screen pattern, selain itu google juga menyediakan fitur Penguncian pin (Pin Lock). Dari segi tampilan Home screen android froyo memiliki batas panel 5, lebih banyak daripada sistem operasi yang terdahulu yang hanya sebanyak 3. Android Froyo diluncurkan pada tahun 2010, dibarengi dengan rilisnya ponsel pintar keluaran Google yaitu "Google Nexus One". Baca Juga : Cara Mempercepat Pengisian Daya Smartphone dan Cara Perawatannya

Android 2.3 (Gingerbread)
Google meluncurkan android Gingerbread pada tahun 2010, mempunyai fitur yang bisa memungkinkan anda untuk foto selfie dengan kamera depan, memiliki desain antarmuka dengan perubahan yang sangat signifikan, Keyboard android pada versi ini juga bisa di tekan lebih dari 1 alias Multi Touch.

Android 3.0 (Honeycomb)
Di rilis tahun 2011, mempunyai fitur navigasi bar virtual, jadi anda bisa pergi ke halaman home, back dan menu  dengan menekan tombol yang disediakan di layar, biasanya sistem operasi (OS) ini banyak digunakan di perangkat tablet ketimbang smartphone.

Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Kalau sebelumnya google merilis sistem operasi yang memiliki navigasi bar virtual namun diperuntukan untuk pengguna tablet, nah kali ini google merilis (2011) sistem operasi yang mempunyai fitur seperti itu, namun ini juga bisa digunakan oleh para pengguna smartphone. Mempunyai fitur terbaru yakni, dapat membuka layar dengan hanya menggunakan muka atau yang dikenal dengan istilah "Face Unlock", Analisa penggunaan data internet, serta menambahkan beberapa aplikasi tambahan sekaligus memperbarui kalender, mail, kalkulator dan masih banyak lagi.

Android 4.1 (Jelly Bean)
Google telah menghadirkan sistem operasi (OS) Jelly Bean (2012) dengan perubahan yang sangat signifikan. Salah satu fitur terbarunya adalah, jelly bean dapat memungkinkan pengguna utuk melakukan gulir (Scroll) cepat home screen ke bawah, untuk melihat kumpulan informasi/notifikasi dengan cepat, seperti agenda, email, laporan cuaca. Selain itu sistem operasi ini diluncurkan bersamaan dengan fitur baru dari google yakni "Asisten Digital" atau yang lebigh dikenal dengan nama Google Now.

Android 4.4 (Kitkat)
Hadir ditengah pengguna pada tahun 2013, sistem operasi ini memiliki antar muka atau interface yang beraksen putih dan biru muda. Selain itu google juga mengeluarkan sebuah fitur baru pencarian cepat dengan menggunakan metode voice/suara, jadi kita hanya cukup mengucapkan "Ok Google", lalu beri perintah, maka otomatis google akan mencari apa yang anda cari, disamping itu, google juga mengeluarkan layanan chat/pesan singkat yang dinamakan Hangouts, namun memang sangat disayangkan, karena apikasi ini kurang dilirik oleh para pengguna android. Baca Juga : Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Dan Terkeren 2017

Android 5.0 (Lolipop)
Perubahan kembali pada saat google menghadirkan sebuah sistem operasi baru yang dinamakan lolipop yang dirilis pada tahun 2014, memiliki tampilan interface yang didesain khusus mengikuti perkembangan jaman, selain itu fitur fitur yang lainnya juga banyak yang ditingkatkan. Fitur yang terasa mencolok dari siste operasi ini adalah adanya dukungan gambar yang berformat RAW, dimana format tersebut memungkinkan para Designer menyimpan file dalam ukuran yang besar agar bisa diedit, namun tanpa mengurangi kualitas.

Android 6.0 (Marsmallow)
Google telah menciptakan sebuah sistem operasi yang memiliki tampilan menu aplikasi yang dibuat lebih dinamis daripada sistem operasi (OS) sebelumnya (2015). Selain itu, ada juga fitur memory manager yang memungkinkan pengguna mengecek penggunaan memori pada tiap aplikasi. Rentan waktu pengecekannya bisa disetel dari tiga jam yang lalu hingga 24 jam sebelumnya.

Pembaruan berikutnya terletak pada tampilan pengaturan panel volume, jadi anda tidak akan repot untuk mengontrol sebuah volume yang berbeda beda pada panggilan(Nada dering), Media dan juga Alarm. Selain itu google juga telah memungkinkan vendor untuk menyematkan sesnor sidik jari yang dapat digunakan oleh penggguna demi upaya keamanan.

Android 7.0 (Nougat)
Ditahun berikutnya (2016) google kembali merilis sebuah sistem operasi mutahir, diperkenalkan pada saat ajang kumpul developer Google I/O. Pada sistem operasi ini keberadaan Google Now kini digantikan dengan Google Assistant, yang diyakini bisa dapat lebih diandalkan untuk menjalankan berbagai fungsi, selain itu juga ada fitur Split Screen yang bisa anda gunakan pada saat melakukan multitasking, perlu anda ketahui Android Nougat juga telah memliki dukungan terhadap platform Virtual Reality (VR) Yang diperkenalkan oleh google.

Android 8.0 (Oreo)
Ditahun 2017 ini, google kembali menghadirkan sebuah sistem operasi terbaru, dan baru beberapa perangkat saja yang bisa menggunakan sistem operasi ini, memiliki fitur fitur canggih, yakni Auto FII API, yang memungkinkan anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi  manager password, serta Picture In Picture Mode Pengguna android 8.0 akan dimanjakan oleh sebuah fitur multitasking, yang dapat memudahkan kita untuk mengerjakan 2 hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Penggunanya diuntungkan dalam hal penghematan daya, karena sistem operasi ini akan mematikan proses latar belakang dari sebuah aplikasi yang tidak dibutuhkan/digunakan. Baca juga : Fitur yang ada di android 8.0 (OREO)

Itulah ulasan mengenai Evolusi OS Android dari masa kemasa, mudah mudahan wawasan anda bertambah luas, dan jangan lupa untuk Follow Acoount G+IADP Blogger (Naufalrajailmu) untuk mendapatkan artikel terbaru seputar Android dan PC yang tentunya menarik untuk anda ketahui.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

menu

kontak

Food

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages