WELLCOME TO MY TUTORIAL KAPTEN404 PEMROGRAMAN KOMPUTER ~ KAPTEN404

PEMROGRAMAN KOMPUTER


Pemrograman Komputer

Komputer sebuah mesin yang dirancang untuk mengikuti instruksi. Program komputer merupakan sebuah instruksi yang digunakan oleh komputer untuk memecahkan masalah atau tugas-tugas yang diberikan padanya. Misalnya jika menggunakan komputer untuk menghitung pembayaran pada seorang pegawai maka langkahlangkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Menampilkan pesan pada layar “ berapa jam kamu bekerja?”
  2. Menunggu pengguna memasukan data jam bekerja dan setelah ditekan ENTER maka komputer akan memasukan data ke dalam memory.
  3. Menampilkan pesan pada layar “ berapa besarnya gaji tiap jamnya?”
  4. Menunggu pengguna memasukan data per jam bekerja dan setelah ditekan ENTER maka komputer akan memasukan data ke dalam memory
  5. Komputer melakukan perkalian antara jumlah jam dengan gaji perjam
  6. Komputer menampilkan hasil perhitungan gaji pegawai yang harus dibawa pulang.



Sekumpulan instruksi-instruksi tersebut diatas disebut dengan algoritma.  Algoritma merupakan kumpulan instruksi yang terdefinisi langkah demi langkah secara baik dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah.  Catatan langkah-langkah ini diurutkan secara sekensial. Dalam algoritma langkah pertama harus dilakukan lebih dahulu sebelum langkah kedua dan seterusnya. Langkah-langkah komputer tidak bisa terbalik.  Pada langkah-langkah diatas, komputer diinstruksikan untuk menghitung  besarnya gaji pegawai, untuk dapat bekerja maka langkahlangkah tersebut harus dikonversi bahasa yang bisa diproses oleh komputer, karena kenyataannya prosesor hanya dapat memproses instruksi yang ditulis dalam bahasa mesin. Prosesor hanya mengetahui penggunaan bilangan sebagai perintah yang harus dilakukan, oleh karena itu algoritma tersebut harus dikodekan menjadi bahasa mesin.  Penulisan bahasa mesin secara  langsung akan sangat sulit dan membosankan.  Supaya penulisan bahasa pemrograman komputer menjadi lebih mudah maka digunakan bahasa aras tinggi yang bahasanya sudah mendekati bahasa manusia. Dengan bahasa inilah programer dapat menulis instruksiinstruksi yang akan dilakukan oleh komputer. Pemrograman dengan menggunakan C++ misalnya akan menjadi lebih mudah dan C++ inilah yang akan mengkonversi bahasa program yang ditulis menjadi bahasa mesin. Dibawah ini merupakan program sederhana yang ditulis dengan bahasa C++.

Program 1.1

#include <conio.h>
#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{

double jam, besar, bayar;
cout << "Berapa Jam Kamu bekerja? ";
cin >> jam;
cout << "Berapa besar gaji tiap jamnya? ";
cin >> besar;
bayar  = jam * besar;
cout << "Kamu mendapatkan Gaji (Rp)" << bayar << endl;
getch();
return 0

}



Keluaran program di atas adalah:
Berapa Jam Kamu bekerja? 10
Berapa besar gaji tiap jamnya? 15000[enter]
Kamu mendapatkan Gaji (Rp)150000

Dengan bahasa pemrograan tersebut diatas, maka instruksi komputer dapat dibuat dengan data jumlah jam kerja kemudian diisi 10 dan memasukan gaji tiap jamnya 150000 maka komputer akan mudah. Seperti program diatas yang digunakan untuk menghitung gaji pegawai, jika diminta memasukan menghitung dengan mengalikan data tersebut sehingga data keluaran akan muncul 150000.




LC-Hackers





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

menu

kontak

Food

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages