WELLCOME TO MY TUTORIAL KAPTEN404 Evolusi Microsoft Windows Dari Masa Ke Masa ~ KAPTEN404

Evolusi Microsoft Windows Dari Masa Ke Masa

Pasti banyak dari anda yang sudah tidak asing mendengar kata windows, windows sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. perlu diketahui sistem operasi windows telah berevolusi dari MS DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis teks dan command line.

Microsoft sendiri sudah mengembangkan windows mulai dari tahun 1985, jadi wajar saja sistem operasi ini banyak dikenal oleh pengguna komputer, karena memilki tampilan interface yang mudah dimengerti dibanding dengan sistem operasi lain seperti Sistem Operasi Unix dan juga Mac OS.

Windows sendiri memiliki dukungan hardware yang lengkap jadi anda tidak susah mencari sebuah software untuk kemdian diinstall

Namun anda sebagai pengguna sistem operasi ini, apakah anda tau mengenai sejarah perkembangan windows dari masa ke masa ?? berikut adalah ulasannya :


1. Windows 1


Sistem operasi ini dirilis oleh microsoft pada november tahun 1985, sistem operasi ini terbilang sangat ringan karena hanya memilki ukuran kurang dari 1 mb dan memiliki tampilan warna interface 16bit didalam windows 1 ini anda sudah dapat mengakses program paint, notepad, clipboard dan pemroses kata yang mirip sekali degan notepad, dalam sistem operasi ini juga terdapat jam, kalender dan juga control panel, namun dalam bentuk yang masih sangat sederhana.

2. Windows 2


Perlu diketahui, sistem operasi ini diluncurkan bersamaan dengan debut program aplikasi word dan juga excel yang membuatnya sukses dipasaran. Sistem operasi ini merupakan kembangan lajutan dari sistem operasi sebelumnya yakni windows 1, sistem operasi ini dirilis pada tahun 1987. Terdapat pembaharuan lainnya di dalam sistem operasi ini yaitu :
Grafis VGA

Dan merpakan sistem operasi terakhir yang menggunakan floopy disk dan tidak menggunakan harddisk.

3. Windows 3


Sistem operasi ini rilis pada bulain mei 1990, dalam versi ini, microsoft berhasil mengembangkan sebuah sistem operasi yang mampu menandingi Apple Macintosh, karena sudah banyak yang menilai bahwa sistem operasi ini memiliki interface yang cukup baik, dalam perkembanganya microsoft telah memperbaiki bug bug yang ada di versi yang sebelumnya, dan juga dukungan terhadap multimedia.

4. Windows NT

Sistem operasi ini muncul pertama kali dalam bentuk beta pada para pengembang perangkat lunak pada juli 1992. Namun sangat disayangkan karena dukungan device driver untuk windows NT kurang begitu banyak, karena memang banyak para programmer yang kesulitan untuk mengembangkan device drivernya karena memang sedikit sulit, terlebih penjulan windows NT ini juga masih terbatas, jadi bisa dibilang Microsoft gagal membuat sebuah sistem operasi yang nyaman sebagai pengganti sistem operasi yang lalu seperti Windows 3, namun produk ini cukup bersaing dengan UNIX

5. Windows 95

Microsoft mulai mengembangkan sebuah versi windows yang diberi nama kode Chicago, walaupun versi windows ini memiliki standar program antarmuka baru yang berbasis 32 bit, namun banyak bagian dalamnya yang masihberupa 16 bit, bahkan kernelnya pun masih 16 bit, sistem operasi ini dirilis oleh microsoft pada 24 Agutus 1995, namun perlu anda ketahui, versi windos ini memilki dukungan akses internet built in, plug and play, yang tentu saja dapat memudahkan anda pada saat menginstall suatu software baru

6. Windows NT 4.0

Diciptakan sebagai penerus Windows NT 3.X yang keberadaannya mampu mengancam  dominasi Novell Netware dan UNIX di pasar korporat, sistem operasi ini menggunakan atmpilan antarmuka yang sama dengan windows 95 namun menggunakan kernel yang sama dengan Windows NT

7. windows 98

Kalau dalam versi sebelumnya microsoft menggunakan kode Chicago untuk pengembangan Windows 95, kali ini Microsoft menggunakan kode yang diberi nama Memphis dideskripsikan sebagai sistem operasi "Works Better, Plays Better", windows 98 punya web browser yang terintegrasi dengan internet explorer, selain itu juga terdapat windows 
address book Frontpage Express, Personal Web Server dan Web Publishing Wizard

8. Windows 2000

Microsoft Windows merilis Windows 2000 pada 17 Februari 2000, sebelumnya versi ini dikenal dengan sebutan NT 5.0, Ada beberapa fitur yang signifikan yang mulai dikembangkan dalam sistem operasi ini, contohnya Active Directory, yaitu sebuah model jaringan, pengganti model jaringan NT Domain, yang menggunakan teknologi yang menjadi dasar industri. Di dalam perkembangan sistem operasi ini juga ada beberapa hal yang ditingkatkan seperti, peningkatan Device manager, Windows Media Player dan juga Directx 6.1 yang memungkinkan sistem operasi berbasis kernel Windows NT untuk bermain game. Versi ini juga dirancang untuk mudah digunakan, punya compabilitas komputer dan support Mobile Computing.

9. Windows ME

Siapa sangka, setelah di bulan februari 200o merilis sebuah sistem operasi yang bernama Windows 2000, dan pada bulan september 2000 microsoft kembali merilis sebuah sistem operasi yang dinamkan Windows Milenium Atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows ME. Sistem operasi ini merupkan pembaruan dari windows 98 dengan dukungan multimedia dan internet yang lebih baik, selain itu di dalam sistem operasi ini juga sudah tersedia system restore, yang memungkinkan anda untuk mengembalikan keadaan sistem ketika sistem operasi tersebut mengalami kegagalan, dan Microsft juga telah memasukan sebuah software edit video, yang diberi nama Windows Movie Maker.

10. Windows XP

Pada tahun 2001, microsoft telah memperkenalkan kembali sebuah sistem operasi yang diberi nama Windows XP, sistem operasi ini menggunakan kernel Windows NT 5.1, karena terkenal dengan kestabilannya. bahkan hingga saat ini masih banyak kita temukan komputer yang masih menggunakan sistem operasi ini, karena memang memiliki interface yang simple, dan juga memiliki ukuran file yang tidak terlalu besar.

11. Windows Server 2003

Pada 24 aprill 2003, Microsoft meluncurkan sebuah sistem operasi yang menawarkan fitur fitur keamanan baru, pemandu Manage Your Server Wizard,  yang menyederhanakan peran sebuah msin yang menjalankannya dan juga peningkat kerja

12. Windows Fundamentals for Legacy PCs (platform thin client)

Pada bulan Juli 2006, Microsoft kembali merilis sebuah versi Windows XP SP 2 `(Service Pack 2), yang ditujukan untuk pasar thin-client, yang disebut sebagai Windows Fundamentals for Legacy PCs (WinFLP). WinFLP hanya tersedia bagi para pelanggan Microsoft Software Assurance. Tujuan dibuatnya WinFLP adalah untuk memberikan pilihan upgrade kepada para pelanggannya yang masih menggunakan Windows 95, Windows 98, Windows Me, dan Windows NT Workstation. Sebagian besar aplikasi pengguna dijalankan di atas mesin jarak jauh dengan menggunakan Terminal Services atau Citrix.

13. Windows Vista

Mulai dirilis pada tanggal 30 November 2006, sistem operasi ini dicanangkan memiliki keamanan yang lebih tangguh bila dibandingkan dengan sistem operasi yang terdahulu, diperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas yang disebut sebagai User Acount Control (UAC), untuk mengganti sebuah filosofi Administrator By Default yang diberlakukan pada windows XP. Memilki sebuah fitur grafik yang lebih memikat para user (Windows AERO GUI), Microsoft juga memuat sebuah aplikasi baru seperti, Windows Calendar, Windows DVD Maker, dan beberapa game termasuk Chess Titans, mahjong, Purble Place. Meski Windows Vista cukup populer di pasaran, namun sangat disayangkan karena masih banyak beberapa software yang kurang kompatibel dengan windows versi ini.

14. Windows Server 2008

Windows Server 2008, adalah sebuah versi baru Windows Server, yang dirilis oleh micorsoft pada 27 Februari 2008. Pada saat pengembangannya, Windows Server memiliki nama kode "Windows Server Codenamed Longhorn." Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan, ketimbang pendahulunya, Windows Server 2003.

15. Windows 7

Saat pertama kali dirilis oleh microsoft, windows 7 sebelumnya dikenal dengan nama Blackcomb dan Vienna, dirilis dengan menggunakan Kernel NT v6.1 build 7600, dirilis pada tanggal 22 oktober tahun 2009. Terdapat beberapa fitur lain seperti, sistem keamanan yang baik, lalu jump list, taskbar yang membuka program dengantampilan yang kecil  Windows media player 12, Internet Explorer 8 Dan masih banyak lagi. Memiliki tampilan yang menarik, dan memilki spesifikasi yang lebih ringan bila dibandingkan dengan windows vista, dan pastinya harganya lebih murah.

16. Windows 8

Windows 8 dirilis oleh microsoft pada tahun 2009, memilki tampilan interface yang sangat berbeda dengan versi windows sebelumnya, maka banyak para konsumen yang merasa bingung akan adanya hal ini, karena memang selain dengan tampilan interface yang berbeda, pengaturan sistem operasi ini juga cukup sulit bila dibanding windows 7. Di dalam sistem operasi ini, ada beberapa program aplikasi bawaan yang dihapus, seperti Movie Maker dan juga Windows Live Writter, namun program aplikasi ini masih bisa di download dan diinstall secara manual.

17. Windows 8.1
Setelah windows 8 tampilan sebagai sistem operasi dengan tampilan yang bebeda, pada tahun 2013, microsoft kembali merilis sebuah lanjutan sistem operasi, yakni windows 8.1, sistem operasi ini awanya dikenal dengan sebutan blue, beberapa tampilan interface nya pun terlihat lebih fleksibel bila dibandingkan dengan windows 8. Windows 8.1 Didesain untuk dapat membuka sebuah program aplikasi dalam waktu yang bersamaan, bahkan bisa mencapai 4-5 program aplikasi, ya tentunyaitu semua tergantung dengan ukuran layar.

18 Windows 10 

Sistem operasi ini adalah jawaban dari keluhan para pengguna Windows 8, karena sistem operasi ini telah menggabungkan sebuah tampilan interface windows 7 dengan tampilan interface windows 8, tentunya di kemas dalam bentuk yang sangat bagus, memiliki tampilan interface yang menarik diperkenalkan pada 30 semptember 2014, namun mulai dirilis 29 juli 2015. Sistem operasi ini memiliki sistem keamanan yang baik, karena menjadi prioritas microsoft, selain itu windows 10 juga mendukung beberapa device, dengan berbagi ukuran layar. walaupun di dalam sistem operasi ini memilki windows store sendiri, namun program aplikasi di dalam windows store masih terbilang dikit, sealin itu juga sang pengembang, sering sekali mengadakan update windows, yang mungkin bagi sebagian orang, sangat merepotkan.

Demikian ulasan yang dapat saya berikan kepada anda, dan jangan lupa untuk follow Account G+ naufalrajailmu, untuk mendapatkan update artikel seputar android dan pc serta teknologi yang pastinya menarik untuk anda ketahui dan tolong share artikel ini.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

menu

kontak

Food

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages