WELLCOME TO MY TUTORIAL KAPTEN404 Tips Merawat Laptop Yang Baik Dan Benar ~ KAPTEN404

Tips Merawat Laptop Yang Baik Dan Benar

Di jaman modern ini, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya laptop, laptop sendiri  sekarang tidak hanya digunakan oleh para pekerja, namun juga para pelajar sekarang sudah hampir wajib mempunyai laptop demi menunjang proses belajar, terlebih jika anda adalah seorang pelajar Teknik, seperti jurusan (Multimedia, RPL, dll), pasti hampir setiap hari menjumpai yang namanya laptop.
LaptopTentu kalo kita sudah mempunyai laptop, kita juga harus tau cara merawatnya, berikut ini saya akan membagikan tips cara merawat laptop yang baik dan benar, berikut ulasannya.

1. Jangan Sering Gunakan Laptop Untuk Bermain Game Berat
LaptopBermain game adalah hiburan tersendiri, apalagi bagi para gamers, mungkin itu adalah suatu kebutuhan, namun perlu anda ketahui, bermain game berat juga bisa mempercepat umur laptop yang kita gunakan, laptop kita akan cepat rusak, mungkin bila laptop kita memiliki sepsifikasi yang memadai untuk bermain game berat, mungkin itu tidak menjadi masalah yang berarti, namun bila laptop anda minimum spesifikasi, tapi memaksakan untuk bermain game berat, hal ini yang akan menjadi masalah. saran saya, gunakanlah laptop dengan bijak, bermain game berat tidak apa, namun jangan terlalu lama, kita bisa bermain game secara berkala, karena tidak baik juga bila kita terlalu lama di depan laptop. baca juga : Perbedaan, Serta Kelebihan Dan Kekurangan Processor Intel Dan AMD

2. Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur
Laptop Diatas KasurMenurut saya hal ini lah yang paling berbahaya, karena bila anda mengunakan laptop diatas kasur dan tanpa alasa apapun (seperti meja), laptop anda lama lama akan menjadi panas, karena suhu panas yang ada di dalam laptop anda tidak bisa keluar dengan semurna. dan bisa overheat, bahkan tidak menutup kemungkinan, kasur anda juga bisa terbakar, karena hawa panas yang disebabkan oleh laptop. Jadi pastikan anda tidak melakukannya ya..

3. Jauhkan Minuman dari Laptop Anda.
Minuman Diatas LaptopMungkin hal ini sering terjadi, karena memang sangat asyik bila kita menggunakan laptop dengan santai sambil minum kopi, tapi hal itu bisa jadi sangat bahaya bila minuman itu tertumpah diatas keyboard laptop anda, karena minuman anda akan merusak hardware (Air adalah musuh yang nyata bagi peralatan elektronik), jadi, pastikan anda menjauhkan minuman dari laptop anda untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, anda juga bisa menggunakan keyboard protector sebagai tindakan pencegahan. Baca Juga : Cara Mempercepat Dan Mengoptimalkan Kinerja Komputer Dan Laptop

4. Jauhkan Makanan dari Laptop
Jauhkan Makanan dari LaptopHal ini hampir sama dengan tips yang diatas, makanan pun harus dijauhkan dari laptop untuk menghindari kemungkinan sisa makanan yang jatuh di celah celah keyboard, yang tentunya lama kelamaan bila hal ini biasa terjadi akan mengakibatkan umur laptop anda akan berkurang, pastikan juga anda membersihkan laptop secara rutin.

5. Jauhkan Makanan dari Laptop
Jauhkan Makanan dari LaptopMungkin hal ini sepele, namun laptop juga ada batas maksimum tekanan beban beratnya, jadi ada baiknya jangan menaruh barang dengan beban berat diatas laptop anda, mungkin bila beban barag tersebut hanya 3 kg tidak menjadi masalah, namun bila lebih dari itu, ada kalanya anda harus berhati hati bila tidak ingin laptop anda rusak.

6. Bersihkan Layar Laptop secara Rutin
Bersihkan Layar Laptop secara RutinSaya rekomendasikan layar laptop anda menggunakan screen protector, untuk menghindari debu debu yang menempel langsung di layar laptop, jadi ada baiknya anda juga harus bersihkan layar laptop anda secara berkala.

7. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda
Bersihkan Optical Drive Laptop AndaPerlu anda ketahui, Optical Drive/ DVD ROM laptop sangat rentan terhadap debu. Hal ini dapat mengganggu proses pembacaan data dari CD/DVD. Bersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive pada laptop anda secara rutin. Dan berhati-hatilah ketika memasukkan CD/DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive sangat rentan. Baca Juga : Cara Mengembalikan File Yang Hilang Atau Terhapus Dari Flashdisk

8. Jauhkan Laptop dari Jangkauan Anak Kecil
Jauhkan Laptop dari Jangkauan Anak KecilJangan salah, anak kecil juga bisa sebabkan laptop anda rusak, yah namanya juga anak kecil pasti dia juga tidak tau-menau masalah laptop, ya jadi ada baiknya anda berinistiatif untuk jauhkan laptop dari jangkauan anak kecil

9. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari secara langsung
Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari secara langsungHal ini mungkin sangat sepele namun bila kita sering mengabaikannya, kemungkinan besar laptop kita akan cepat rusak, karena terdapat beberapa komponen yang rentan terhadap sinar matahari langsung. Baca Juga : Cara membuat Access Point Atau Hotspot Di PC Atau Laptop

10. Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet
Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari InternetMungkin hal ini yang sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna laptop, bagaimana tidak, di imdonesia masih banyak orang yang menginginkan software berbayar secara gratis, dengan cara menggunakan software bajakan atau versi crack, namun anda juga harus tau, hal itu tentu bisa saja membahayakan laptop anda, software beserta cracknya juga bisa membawa virus, belum lagi bisa saja laptop anda terkena Virus adware/iklan yang disebabkan oleh browser anda yang mengakses sembarangan.

Oleh karena itu, saya sarankan untuk mendownload software asli dan bukan bajakan, sesekali tidak apa lah kalo kondisi mepet hehehe v:, Dan ada baiknya juga anda menginstal Antivirus pada laptop kesayangan anda dan lebih berhati-hati ketika mengunduh apapun dari internet.

11. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama
Jangan Menggunakan Laptop Terlalu LamaLaptop berbeda dengan komputer yang dapat bekerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Gunakan laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan sebaiknya anda matikan laptop anda.

Menggunakan laptop terlalu lama juga merupakan faktor yang membuat laptop mengalami overheat, dan juga bisa memperpendek umur laptop anda, terlebih ada dampak negatifnya bagi kesehatan mata dan juga fisik kita. jadi lebih bijak lah menggunakan laptop.

12. Perhatikan Suhu Laptop Anda
Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama
Hal ini lah yang seharusnya kita selalu perhatikan, karena bagaimana pun juga kondisi laptop yang overheat atau terlalu panas, akan mengganggu kinerja laptop, dan bisa saja laptop terbakar ataupun juga korslet, jadi saya sarankan anda membeli kipas pendingin/cooling pad, sebagai tindakan pencegahan agar suhu laptop anda tidak terlalu tinggi.

Demikian tips yang saya dapat berikan mudah mudahan bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, dan jangan lupa untuk follow account G+Naufalrajailmu Untuk mendapatkan update artikel seputar Android Dan PC Serta perkembangan Teknologi yang tentunya menarik untuk anda ketahui
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

  • ()
  • ()
Tampilkan selengkapnya

menu

kontak

Food

Arsip Blog

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages